Cara Membeli Properti Murah

Cara Membeli Property


dijualvilladibali.blogspot.com - Jika kamu mulai tertarik untuk berbisnis properti, ada baiknya mengetahui kiat-kiat dalam membeli properti. Bisnis properti memang merupakan bisnis yang sangat menjanjikan di masa depan. Apabila investasi dilakukan secara tepat, nilai properti akan terus meroket hingga berkali-kali lipat. Tidak hanya akan balik modal, kamu pun bisa mendapatkan keuntungan jangka panjang yang jumlahnya besar. Artikel ini akan membahas mengenai cara membeli property yang tepat dan efisien. 

Kiat-kiat Bisnis Properti


Bisnis property sendiri ada bermacam-macam bentuknya, ada yang berupa apartemen, rumah, ruko, villa, hotel, atau kamu pun bisa berbisnis tanah untuk disiapkan sebagai lahan gedung. Kiat berikut ini akan mengulas mengenai cara untuk membeli properti khususnya rumah.

1.      Survei Harga Pasar

Kiat yang pertama adalah mencari tahu mengenai harga pasaran rumah. Setelah menemukan rumah yang sesuai, pastikan juga kamu merasa sesuai dengan harga yang telah ditawarkan penjual. Cara untuk mengetahui apakah harga rumah tersebut sudah sesuai adalah dengan mencari tahu harga rumah-rumah dengan tipe yang sama di lokasi tersebut. Namun, perhatikan pula kondisi rumah yang diperbandingkan agar kalkukasi lebih tepat lagi. Misalnya mengenai akses rumah tersebut dari jalan raya, penerangan di jalan raya tersebut, akses lokasi dari tempat-tempat penting seperti kantor pemerintah, mall, rumah sakit, sekolah, dan sebagainya.

2.      Hindari Perasaan dalam Memilih

Kiat yang kedua dalam cara membeli property adalah jangan terlalu menggunakan emosi. Pilihlah dengan obyektif tanpa mengindahkan perasaan. Misalnya, kamu merasa tidak enak untuk menawar karena kenal baik dengan penjual rumah. Hindari juga terlalu menyukai rumah yang dilihat karena nantinya justru akan sangat merugikan. Apabila melibatkan unsur emosi dalam negosiasi harga, justru harga yang disepakati tidak akan menguntungkan.

3.      Hitung potensi keuntungan

Kiat yang ketiga adalah memperhitungkan potensi dari keuntungan yang dapat kamu dapatkan di masa depan. Caranya adalah sebagai berikut: bandingkan dengan harga pasaran, harga transaksi, hingga harga likuidasi. Dengan melakukan perhitungan ini, kamu dapat memperkirakan banyaknya balik modal yang akan didapatkan. Kemudian, perhitungkan cash flow yang tepat. Dari hitungan cash flow itulah kamu akan mendapatkan harga penawaran yang sesuai.

tips membeli rumah

4.      Menentukan batas maksimal

Hal yang tidak boleh dilupakan dalam melakukan penawaran adalah memperhitungkan kondisi keuanganmu sendiri. Tentukan batas harga penawaran paling tinggi yang dapat kamu keluarkan untuk pembelian properti rumah. Lihat bagaimana penjual menerima harga yang dapat anda berikan. Untuk mempersingkat waktu, hentikan negosiasi jika penjual susah menerima harga yang menjadi batas maksimalmu.

Demikian artikel mengenai cara membeli property untuk yang berminat menginvestasikan uangnya dalam bentuk properti rumah. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat yang berarti dalam berinvestasi.