TATA CARA MEMBELI RUMAH dengan Gaji Kecil

Cara Membeli Rumah


Rumah merupakan kebutuhan utama bagi setiap orang untuk berlindung dari panas dan hujan. Rumah juga menjadi tempat untuk membangun keluarga yang bahagia dan harmonis. Tidak heran apabila banyak orang yang berusaha mencari rumah yang sesuai untuk berbagai tujuan tersebut. Mungkin kamu termasuk dari orang yang sedang mencari cara membeli rumah? Artikel ini akan membantu untuk dapat menemukan rumah idaman bagi Anda dan keluarga.


Tips Melakukan Pembelian Rumah


Sebelum memutuskan untuk membeli rumah, ada baiknya kamu membaca mengenai tips-tips membeli rumah. Tips itu akan sangat berguna, terlebih jika kamu masih awam dalam jual beli rumah. Seperti yang telah kamu ketahui, harga rumah sudah melambung sangat tinggi sehingga akan sangat disayangkan jika kamu mengeluarkan uang hanya untuk membeli rumah yang tidak sesuai. Memang kamu bisa pindah lagi ke rumah yang lain, namun bayangkan betapa repotnya untuk selalu berpindah-pindah dari satu rumah ke rumah lainnya. 

Banyak barang yang harus dibereskan dan lagi keluargamu harus beradaptasi lagi dengan lingkungan yang baru. Belum tentu juga nantinya rumah yang baru akan cocok dengan keluargamu. Berikut ini cara membeli rumah yang akan sangat berguna bagi yang ingin melakukan pembelian rumah, baik baru maupun lama:

Tips dan Saran Sebelum Membeli Rumah

1.      Periksa kondisi bangunan

Langkah yang pertama adalah memastikan kondisi bangunan dari rumah yang akan Anda beli. Apabila perlu, bawalah ahli dalam bidang bangunan seperti tukang bangunan ataupun kontraktor. Mulailah dengan memeriksa fondasi lalu struktur bangunan, dilanjutkan dengan lantai lalu periksa bagian atapnya. 

Pastikan tidak ada dinding yang retak, kerangka kayu yang dimakan rayap, jamur di dinding, atau lantai yang ambles. Penting juga untuk memeriksa kondisi kran air. Caranya, tutup seluruh kran yang ada lalu bukalah kran induk atau utama. Hidupkan pompa air, lalu lihat apakah ada lantai atau dinding yang basah. Jika kamu sampai menemukan lantai atau dinding basah maka rumah tersebut akan menelan biaya renovasi yang besar.

2.      Periksa Usia Bangunan

Selanjutnya, mintalah sejarah mengenai rumah tersebut. Mulai dari kapan terakhir kali direnovasi, apa penyebab renovasi dilakukan dan bagian mana yang direnovasi. Pastikan mengenai sirkulasi udara rumah tersebut, apakah terasa pengap atau lembab. Kondisi cahaya juga harus diperiksa, apakah sinar matahari bisa masuk dengan mudah karena ruangan yang tidak terkena cahaya matahari bisa ditumbuhi jamur.
Tips-Menabung-untuk-Beli-Rumah

3.      Kelengkapan Surat

Hal yang tak kalah pentingnya adalah memeriksa kelengkapan surat dari rumah tersebut. Mulai dari IMB, PBB, dan sertifikat tanah. Periksa langsung ke kantor dinas terkait mengenai keabsahan surat-surat terkait rumah tersebut.


Demikian yang dapat kami berikan mengenai cara membeli rumah bagi kamu semua. Semoga artikel ini dapat berfaedah dalam menentukan pembelian rumah idaman keluarga.